Narasi Tokoh Matematika: Himpunan

Tokoh HimpunanGeorg Cantor (1845 -1918)adalah ahli matematika Jerman, penemu teori himpunan, penemu konsep bilangan lewat terhingga (transfinit), doctor, guru besar dan pengarang. Ia lahir di St Patersburg sekarang Leningrad Rusia, pada tangal 3 Maret 1845 dan meninggal di Halle, Jerman, pada tanggal 6 Januari 1918 pada umur 73 tahun karena sakit jiwa, sebab teorinya ditentang para ahli matematika sezamannya.

Pada umur 22 tahun ia mendapat gelar doctor. Tesisnya berjudul “Dalam matematika, bertanya lebih berharga dari memecahkan soal“. Kemudian ia bekerja di Universitas Halle sampai akhir hidupnya. Mula-mula ia  hanya digaji sebagai dosen tak tetap.

Pada umur 27 tahun ia diangkat jadi guru besar pembantu. Baru pada umur 34 tahun ia diangkat jadi guru besar tetap. Cantor menikah pada umur 29 tahun di Interlaken, Swiss, dengan Valley Guttman. Meskipun gajinya kecil, ia dapat membangun rumah untuk istri karena mendapat warisan dari ayahnya.

Pada tahun 1873 pada umur 28  tahun, Cantor mengumumkan teorinya.Selama 10 tahun ia terus-menerus menyebarluaskan teorinya dalam tulisan- tulisannya. Teori himpunan dan Konsep Bilangan Transfinitnya menggemparkan dunia matematika.Tapi penemuannya itu tidak menguntungkan Cantor.Ia mendapat tantangan hebat dari ahli-ahli matematika pada waktu itu, terutama dari gurunya, ialah Kronecker. Akan tetapi penemuan beliau sampai sekarang hampir seluruh orang didunia menerima Teori Himpunan-nya.

 

Beberapa hikmah yang mungkin bisa kita petik antara lain:

  1. Barang siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mendapatkan apa yang diinginkan.
  2. Kalau kita benar-benar ingin menjadi manusia yang pintar, maka kita harus selalu mempertanyakan segala sesuatu yang ada disekitarnya. Misalkan: mengapa ada kelompok-kelompok mahluk hidup? Kenapa ada pulau-pulau? Kenapa ada pembagian wilayah? Kenapa ada ikan yang hidupnya di air laut saja?Kenapa juga ada ikan yang hidupnya di air tawar saja? Dan lain-lain.
  3. Kita harus selalu bersyukur atas rezeki yang kita dapatkan. Berapapun rezeki yang kita dapatkan, maka kita harus bisa menggunakan dengan sebaik-baiknya sehingga bermanfaat bagi kita dan keluarga kita.
  4. Hidup didunia ini memang kadangkala senang dan kadangkala susah. Seseorang yang telah menekuni sesuatu kadangkala banyak hambatan dan rintangan yang harus dilalui. Akan tetapi apapun yang kita lakukan, nantinya masyarakatlah yang akan menilainya.

 

 

Sumber: Buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi 2014

One thought on “Narasi Tokoh Matematika: Himpunan

  1. Ping-balik: Kumpulan Bahan Ajar | Matematohir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s